Efek Buruk Mematikan Komputer Langsung dengan Tombol Power

Artikel Komputer Terbaru – Pernah mematikan komputer dengan langsung menekan tombol power? Atau malah lebih parah lagi langsung mencabut kabel power tanpa lebih dulu mematikan komputer dengan cara yang benar? Bila ini masih sering kamu lakukan, bersiap saja untuk laptop atau komputer mendapatkan efek buruk, salah satunya menjadi cepat rusak. Ya, separah itu mengenai bahaya dari mematikan komputer atau laptop tanpa cara yang benar.

Kita sudah pernah membahas mengenai cara mematikan komputer yang benar. Dan bagaimana yang salah.

Nah di bawah ini, akan kami berikan beberapa efek buruk atau bahaya dari mematikan laptop atau komputer secara langsung, tanpa lebih dulu menekan tombol shutdown.

Seharusnya memang untuk mematikan laptop, kalian harus lebih dulu mematikan sistem pada CPU dengan menekan shutdown.

1. Registry menjadi tak teratur

Masalah pertama yang harus dihadapi ketika mematikan komputer tanpa shutdown lebih dulu adalah pada registry. Registry ini sendiri biasanya ada pada sebuah software atau aplikasi yang dijalankan.

Katakan saja, kalian tengah menggunakan atau membuka aplikasi browser Google Chrome. Nah ektika kalian melakukan hal ini, aplikasi dan software tersebut menjalankan registry mereka masing-masing.

Dan ketika ini, bila misalnya kalian langsung mematikan komputer dengan menekan tombol power, sudah pasti registry itu tadi menjadi berantakan dan tak lagi beraturan. Yang nantinya ketika kalian membuka software tersebut kembali, besar kemungkinan akan crash.

Sedangkan seharusnya dengan proses shutdown, Registry untuk masing-masing software akan tertutup secara otomatis. Dan tak akan menjadi berantakan.

2. Bad Sector pada hard disk

Masalah terbesar yang mungkin terjadi pada kebiasaan mematikan komputer tanpa shut down lebih dulu adalah kerusakan hard disk.

Kerusakan pada hard disk ini pertama-tama akan muncul dengan keterangan bad sector. Yang mana berarti hard disk kehilangan “jalur” untuk membuka sebuah program atau bahkan untuk booting komputer.

Jadi begini, ketika kalian menggunakan komputer, sebenarnya piringan yang ada di dalam hard disk akan terus berputar.

Perputaran tersebut menunjukan adanya arus informasi yang masuk dan keluar dari komputer agen taruhan online ke hard disk.

Nah dengan mematikan komputer tanpa shut down lebih dulu, kalian berarti secara paksa menghentikan perputaran hard disk tersebut tadi. Yang akhirnya menyebabkan bad sector.

3. Masalah pada RAM

Selain hard disk, komponen lain yang tak ingin rusak namun pada akhirnya akan berefek buruk dan bermasalah karena kebiasaan mematikan komputer yang tidak tepat ini adalah RAM.

Sama seperti pada hard disk, RAM pun bekerja ekstra keras setiap kali komputer bekerja untuk menyalurkan informasi dan mengakomodasi masing-masing aplikasi serta software yang berjalan.

Karena itu, ketika komputer sering mati tba-tiba, kerja RAM yang semua aktif tersebut akan dipaksa berhenti tiba-tiba. Yang bila hal tersbeut sering terjadi, bisa berakibat dengan kerusakan hardware dan software RAM itu sendiri. Yang tentu, membuat kamu terpaksa harus mengganti RAM atau mengganti CPU.

4. Gangguan prosesor

Tak berhenti pada RAM dan juga pada hard disk saja, kebiasaan untuk langsung mematikan komputer dan laptop tanpa lebih dulu shutdown semua program juga bisa menyebabkan efek buruk seperti gangguan prosesor

Di dalam sebuah sistem komputer, kita bisa mengandaikan prosesor sebuah otak. Disiini semua perintah disalurkan ke seluruh aspek dan cara kerja komputer. Mulai dari proses kerja komputer, RAM dan segalanya akan diatur oleh prosesor ini sendiri.

Lalu, apa yang terjadi bila komputer sering kali langsung mati tanpa memberi kesempatan pada prosesor untuk lebih dulu mematikan diri mereka sendiri? Satu hal : kerusakan.

5. Berefek Buruk untuk Power supply

Jadi intinya dengan mematikan komputer melalui shutdown, kita memberikan kesempatan pada komputer untuk bersiap untuk mati.

Mereka akan menhentikan kerja hard disk, menutup semua registry software dan aplikasi yang terbuka, dan RAM pun bersiap-siap berhenti bekerja.

Begitupun pada power supply yang juga akan langsung berhenti menyalurkan daya pada elemen-elemen yang ada di dalam komputer atau laptop.

Nah apa yang terjadi bila ketika itu, hal tersebut tak terjadi? Dan dimana semua aplikasi yang ada di dalamnya langsung mati? Power supply akan merasa ada kesalahan dan terus mengirim sinyal yang akan kembali pada mereka lagi.

runtuboy

About runtuboy

Saya adalah seorang atlit futsal timnas Indonesia, namun suka menulis tentang teknologi. Walaupun saya suka bermain futsal dan olahraga lainnya, namun saya sangat suka menulis, dan itu adalah hobi saya dari jama dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>